Rabu, 05 April 2017

Kalor

Semula oleh para ahli kimia dan fisika, kalau dianggap sejenis zat alir yang tidak terlihat oleh manusia, berdasarkan itulah satuan kalor ditetapkan dengan nama kalor disingkat kal.istilah kalor yang berasal dari kata kalori pertama kali diperkenalkan oleh Antoine Lavoiser (1743 - 1794) seorang ahli kimia dari Prancis.

Kalor kalori didefinisikan sebagai:" satu kalori (kal) ialah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 gram air sehingga suhunya naik 1°C".

Setelah itu seorang ahli fisika Inggris bernama James prescott joule dengan serangkaian percobaan menyatakan bahwa Kalor adalah salah satu bentuk energi. Ada sebuah benda yang mempunyai suhu yang tidak sama untuk bagian-bagian Nya maka akan terjadi perpindahan kalor dari bagian benda yang bersuhu lebih tinggi ke bagian benda yang bersuhu lebih rendah.

Demikian juga bila sebuah benda bersuhu lebih tinggi dari suhu lingkungannya, maka benda tersebut akan selalu memancarkan energi sampai suhu benda sama dengan lingkungan. Jadi, bila suhu Sudah sama akan terjadi keseimbangan artinya tidak ada, perpindahan kalor atau energi.

Dari hasil percobaan Joule diperoleh kesetaraan kalor dan energi mekanik bahwa: 1 joule =0,24 kalori atau 1 kalori = 4,2 joule.

1 komentar: